Monday, September 08, 2008

4 Nasihat Bijak

4 Nasihat Bijak ( Amsal 1 : 1-7 )

Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan.- Amsal 1:1-7

Bagaimana membuat kehidupan kita menjadi lebih baik dari sebelumnya? Jackson Brown memberikan beberapa cara untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik dengan hal-hal sederhana seperti ini :

1. Percayalah pada mujizat tapi jangan tergantung pada mujizat itu.
Kita harus percaya bahwa pada saat inipun mujizat masih terjadi. Meski harus percaya dengan adanya mujizat, jangan sampai kita tergantung kepada mujizat itu, tapi bergantung dan berharaplah kepada Tuhan, Sang Pembuat Mujizat.



2. Manjakan pasanganmu, bukan anak-anakmu.
Memanjakan pasangan di sini tentu dalam arti positif, yaitu mengasihi dan menghormati pasangan kita. Sementara memanjakan anak-anak bukanlah ekspresi kasih yang sehat. Memanjakan anak terlalu berlebihan justru akan membuat mereka kurang mandiri, kurang tangguh dan kurang survive ketika menghadapi masalah. Itu sebabnya bantulah anak-anak kita untuk berhasil dengan baik, luangkan lebih banyak waktu untuk bersama dengan mereka dan berikan lebih sedikit uang pada mereka.



3. Tugasmu bukan membuat orang lain menyukaimu, tugasmu adalah untuk menyukai orang lain.
Kita akan lebih enjoy dengan hidup kita ini jika kita tahu prisnip ini. Tugas kita adalah mengasihi orang lain, bukan menuntut orang lain menyukai kita. Bahkan ketika kita sudah belajar untuk melakukan hal yang baik untuk orang lain, namun orang tersebut membalasnya dengan hal yang buruk terhadap kita, kita akan tetap enjoy saja.



4. Bila kau dengar kata-kata yang penuh kebaikan tentang seorang teman, beritahukanlah padanya.
Berikanlah pujian untuk hal-hal positif yang telah dilakukannya. Namun kita juga harus memberikan kritikan atau teguran secara positif untuk hal-hal buruk yang telah dilakukannya, sebagaimana Amsal 27:5 berkata, “Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.” Lakukanlah 4 hal sederhana tersebut dan kita akan memiliki hidup yang lebih baik dengan Tuhan, keluarga maupun kepada sesama.

Jadilah bijak, milikilah sikap positif untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.
(Dioni)

» Renungan ini diambil dari Renungan Harian Spirit

No comments: